Tips Merawat Audio Mobil Kesayangan dengan Budget Minimalis

Tips Merawat Audio Mobil Kesayangan dengan Budget Minimalis

Menyusuri jalanan padat, khususnya di sekitar kota besar seperti Jakarta kadang membuat penat pikiran bahkan bisa memancing emosi marah, kesal dan lain sebagainya. Sebagai teman dalam berkendara biasaya kita dapat menyalakan audio mobil untuk mendengarkan hal – hal yang menenangkan ataupun menyenangkan. Misalnya dengan mendengarkan murotal atau ceramah agar hati menjadi tenang. (Baca : Tips Agar Aman Berkendara Sambil Mendengarkan Musik)

Namun, kebanyakan audio bawaan mobil tidak sejernih setelah dimodifikasi. Kadang juga audio di mobil kita sudah berumur lama sehingga perlu adanya perbaikan atau service (Baca : Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Audio Mobil). Tentu untuk melakukan service ini diperlukan informasi yang cukup, kalo tidak anda bisa saja ditipu atau di pasangkan audio mobil yang kurang berkualitas. Nah untuk menghindari hal-hal yang tidak diharapkan maka memang sangat perlu untuk mengetahui infomasi terkait mobil kesayangan kita, khususnya bagian audio mobil.

Audio Mobil. Sumber : asuransiastra.com
Audio Mobil. Sumber : asuransiastra.com

Tips Merawat Audio Mobil Kesayangan dengan Budget Minimalis

Berikut ini adalah beberapa tips merawat audio mobil kesayangan dengan budget minimalis;

1. Memilih Perangkat Audio Berkualitas yang Tepat

Seringkali banyak orang yang memilih audio mobil hanya berdasarkan merk terkenal, tanpa memerhatikan kualitas dari merk yang mereka beli. Padahal merk terkenal belum tentu cocok digunakan pada kendaraan kesayangan kita. Agar tidak terperangkap pada keadaan seperti itu maka kita sebagai pembeli harus bijaksana dalam memilih.

Hal yang paling awal untuk mengetahui cocok atau tidaknya mobil dipasang audio, maka kita perlu mencari referensi terkait audio yang tepat. Di era sekarang ini, hanya perlu berselancar melalui search engine atau mesin pencari seperti google, yahoo!, bing, baidu dan mesin pencari lain sebagainya. Atau referensi lain dapat dicari melalui berbagai review. Sebagai contoh, apabila Head Unit memiliki output daya yang rendah, maka memilih speaker dengan sensivitas tinggi, sekitar 90dB sangat dianjurkan. Agar semakin efisien daya yang diperlukan.

2. Memilih Speaker atau Subwoofer

Kebanyakan orang lebih memilih subwoofer dibandingkan speaker dengan alasan kualitas pada subwoofer lebih baik. Padahal ketika kita memilih subwoofer, biaya atau budget untuk membelinya cukup menguras kantong. Dan menggunakan subwoofer memerlukan tempat yang luas pada bagian bagasi mobil.

Sebenarnya, tanpa subwoofer kita dapat memeroleh kualitas audio yang baik bahkan mendekati kualitas audio bioskop. Tentunya tanpa mengeluarkan biaya yang terlalu mahal, alias lebih terjangkau. Hal ini dapat dilakukan dengan mengubah speaker dan tweeter pada speaker mobil. Kemudian kita akan mendapatkan kualitas terbaik dengan mengeluarkan biaya yang minim.

3. Peredam Kabin

Sebagai pendukung utama, peredam kabin berpengaruh dalam meningkatkan performa audio. Peredam kabin yang biasanya terbuat dari bahan busa bercampur dengan kain, akan membantu meredam suara dari luar yang dapat tembus kedalam kabin. Akan tetapi, apabila menginginkan peredam yang lebih efektif, kita dapat memilih peredam dari bahan kayu. Bahan kayu justru lebih unggul dalam memantulkan suara dalam kabin. Dengan itulah kita dapat menghilangkan polusi suara dari luar mobil. Sehingga berkendara semakin nyaman.

Audio Mobil. Sumber : mitsubishi-motors.co.id
Audio Mobil. Sumber : mitsubishi-motors.co.id

Demikianlah ulasan singkat mengenai Tips Merawat Audio Mobil Kesayangan dengan Budget Minimalis. Merawat mobil kesayangan memang sangat penting khususnya mengenai audio mobil yang bisa menemani anda dikala penat pikiran saat macet dan lain halnya. Kami berharap anda memahami tentang ulasan kami dan adan dapat bertindak bijak dalam membelanjakan uangnya untuk memenuhi kebutuhan perawatan mobil. Semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel Audio Mobil Jogja lainnya.

Leave a Comment