Waspada! Ini Akibatnya Jika Audio Mobil Anda Rusak

Waspada! Ini Akibatnya Jika Audio Mobil Anda Rusak

Audio pada mobil adalah suatu komponen elektronik penunjang bagi kendaraan mobil. Perjalanan dengan mobil mungkin sangat melelahkan dan menguras konsentrasi kita. Akan tetapi dengan adanya audio pada mobil anda, anda bisa sejenak terasa rileks ketika berkendara dengan mobil. Terutama di kota Jogja yang lalu lintasnya padat merayap, selain AC keberadaan audio mobil sangat di perlukan. Banyak bertebaran bengkel audio mobil di Kota Pelajar ini. Salah satunya adalah bengkel Audio Mobil Jogja.

Selain kelistrikan di dalam mobil harus di pastokan aman, rangkaian dari komponen yang menyusun sistem suara dalam mobil harus senantiasa di perhatikan kelayakannya. Apabila komponen elektronik dan instalasinya terganggu maka ada indikasi bahwa kualitasnya telah mengalami proses penurunan atau kerusakan. Kerusakan audio mobil biasanya disebabkan oleh cara penggunaan yang tidak tepat hingga memang adanya kelemahan pada produknya sendiri.

 

Berkendara tanpa alunan musik terkadang membuat kita kurang santai. Sumber IG @principe_luxuryrent_croati

Beberapa Akibat Audio Rusak

Adapun beberapa akibat yang dapat diketahui apabila terjadi masalah atau kerusakan pada audio, yakni:

Terganggunya Suplai Listrik

Apabila terjadi suplai listrik yang tidak optimal pada mobil, hal ini berhubungan dengan adanya penurunan tegangan aki. Saat tegangan aki menurun, itu menandakan bahwa kapasitas air aki berkurang. Hal ini akan terjadi jika terminal pengisiannya berkurang. Apabila sudah demikian akibat yang timbul adalah terganggunya suplai listrik di kendaraan Anda. Jika suplai listrik terganggu maka mobil dapat tiba – tiba mati.

Keadaan seperti itu tentunya akan merugikan kita sebagai pengguna kendaraan bahkan merugikan pengguna kendaraan lain yang sedang berkendara. Maka dalam hal ini kualitas aki berpengaruh terhadap kejernihan suara yang dikeluarkan oleh sistem audio pada mobil. Hendaknya kita harus mengetahui hubungan antara aki dengan penggunaan audio mobil. Jangan sampai aki tekor karena tidak seimbang antara daya dan konsumsi aki.

Terganggunya Main Fuse

Terganggunya Main fuse menjadi masalah penting bagi kinerja mobil. Main fuse atau sekring dapat meleleh karena panasnya kompartemen mesin. Hal ini terjadi karena kepala aki berkerak, sehingga menyebabkan kurangnya tegangan dan terganggunya sistem audio mobil. Pencegahannya sebenarnya dapat dilakukan dengan pengecekan berkala.

Membaca CD Prosesnya Lama

Kadangkala dalam berkendara Anda terbiasa menyalakan pemutar CD agar lebih nyaman. Tetapi ketika proses membaca CD pada pemutarnya lama maka Anda pun kadang merasa kesal hingga konsentrasi dalam berkendara terpecah. Saat pengemudi sudah tak berkonsentrasi penuh lagi maka dapat menimbulkan kecelakaan di jalan. Oleh karena itu, gunakanlah CD yang sesuai standar baik kondisinya maupun tingkat ketebalannya. Dan untuk saat ini sudah banyak audio mobil yang memutar suara melalui port USB atau flashdisk.

Terjadinya Bunyi Sember pada Speaker

Bunyi sember pada speaker kadang juga terjadi pada audio mobil. Hal ini biasanya ditandai dengan adanya suara seperti bunyi “kresek – kresek” yang kurang indah didengar. Penyebab utamanya adalah adanya kotoran yang masuk di antara voice dan magnet. Oleh karena itu rajin membersihkan speaker mobil sangat dianjurkan sekali setiap hari. Hal ini dapat dilakukan menggunakan lap kain halus atau alat pembersih lainnya.

Speaker Mengeluarkan Asap

Speaker ternyata dapat mengeluarkan asap ketika adanya hubungan arus pendek listrik pada kabel speaker dengan ground (sambungan kabelnya telah berkarat). Kejadian konsleting listrikpun tidak dapat dihindari, bahayanya selain akan memengaruhi kinerja power, dapat pula terjadi malafungsi power amplifier.

 

Panel kontrol audio pada mobil. Sumber IG @bronson_audio

Kerusakan pada Power

Kerusakan yang terjadi pada power diindikasikan bagian konus “mencuat” atau “melotot” ketika sistem digunkan. Hal ini berarti bahwa arus AC yang seharusnya keluar telah berubah menjadi arus DC. Penyebab dari kondisi tersebut antara lain kotoran yang menempel pada power atau kendornya papan PCB.

Itulah beberapa akibat yang mungkin terjadi pada Audio mobil. Oleh karena itu sebaiknya kita mempelajari  komponen audio mobil yang perlu diketahui. Kewaspadaan juga perlu kita tingkatkan sebagai pengguna mobil khususnya dalam perawatan audio mobil. Mungkin terlihat sepele bagi kita jika hanya mengelap kotoran saja untuk menjaga kesehatan audio. Tetapi hal itu dapat menghindarkan diri dari bahaya. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Comment