Inilah Tanda Kerusakan Audio Mobil

Inilah Tanda Kerusakan Audio Mobil

Tanda kerusakan audio mobil menjadi salah satu masalah yang terjadi. Para pemilik kendaraan menjadikan hal ini sebagai salah satu yang harus diselesaikan apabila terjadi. Sebab, audio mobil menjadi salah satu perangkat yang bermanfaat meskipun hanya sebagai pelengkap.

Meskipun hanya sebagai pelengkap, audio mobil bisa menjadi salah satu yang memberikan kenyamanan saat berkendara. Saat berkendara bisa memberikan kenyamanan, maka keselamatan bisa didapatkan. Sehingga saat ini, setiap produsen mobil sudah memberikan audio standar pada setiap produknya.

Setiap mobil baru pasti memiliki perangkat sistem audio dari produsen mobil. Sistem audio tersusun atas komponen elektronika yang bisa menurun kualitasnya. Bahkan, bisa saja mengalami kerusakan karena ketidaktepatan cara pemakaiannya atau dari beberapa masalah yang ditimbulkan dari produk itu sendiri.

Tanda-tanda Audio Mobil Perlu Diperbaiki

Sistem Audio sangat diperlukan oleh sebagian orang untuk hiburan, dari mendengarkan lagu disaat kemacetan atau menghilangkan kepenatan ketika berkendara jauh. Namun, perangkat itu juga bisa menimbulkan sebuah masalah yang menyebalkan jika suara yang dihasilkan tidak sesuai dengan keinginan.

Memasang Audio Mobil, sumber ig @ariastint_n_alarms

Apalagi jika kerusakan itu bisa mempengaruhi perangkat lainnya yang akan menjadikan perjalanan terganggu. Maka dari itu perlu diketahui tanda-tanda audio mobil anda harus segera diservis untuk meminimalisir kejadian yang tak diharapkan.

Tidak semua pengendara mengerti tentang bagian-bagian kendaraannya. Hal ini bisa berakibat pada kerusakan bagian mobil tanpa melakukan pencegahan sebelumnya. Termasuk audio mobil. Tidak begitu saja langsung rusak tanpa bisa dicegah melalui tanda-tandanya. Berikut ada tanda audio mobil yang perlu segera untuk diservis atau bahkan harus diganti:

1. Suara Kresek-kresek

Apabila audio mobil anda mulai mengeluarkan suara tidak enak yang kerap kali berbunyi kresek-kresek, maka segeralah untuk memeriksa masalah pada audio mobil tersebut. Biasanya bunyi itu ditimbulkan karena ada kotoran masuk disela-sela antaravoice dan magnet pada speaker.

2. Kerusakan Pada CD

Tanda-tanda Anda harus merawat audio mobil selanjutnya bisa muncul dari respon lama sebelum masuk ke lagu. Proses membaca CD yang lama dan bahkan tiba-tiba tidak dapat memutar lagu. Hal ini disebabkan karena pemakaian CD yang ketebalannya tidak sesuai dengan standarnya. Apabila masalah ini tidak segera ditangani akan menjadi masalah yang dapat menganggu kenyamanan anda saat berkendara.

3. Kerusakan pada Tombol Volume

Jika head unit pada audio mobil anda tiba-tiba ngadat, terkadang bisa berfungsi, kemudian tidak dapat berfungsi itu artinya anda perlu memeriksa di bagian tersebut. Masalah ini biasanya dipicu karena adanya kabel fleksibel terputus di dalam. Tombol volume ini sangat penting untuk kelancaran saat mendengarkan lagu.

4. Speaker Mengeluarkan asap

Apabila pada audio mobil anda, speaker sudah pernah mengeluarkan asap, bisa jadi ini peringai dari hubungan arus pendek antara speaker menuju ground bisa menimbulkan terjadinya panas pada voice coil. Namun, jika speaker mengalami korsleting, dapat mengakibatkan kerusakan pada power, atau bahkan mengakibatkan malafungsi power amplifier apalagi tanpa circuit protection. Inilah salah satu tanda kerusakan audio mobil.

Ilustrasi Audio Mobil, sumber ig carspeakeradaptersdotcom
Ilustrasi Perbaikan Audio Mobil, sumber ig @carspeakeradaptersdotcom

5. Aki yang bermasalah

Tegangan aki yang mengalami drop. Maka hal itu ada pemicu yang menimbulkan drop pada aki. Penyebabnya bisa terjadi karena kapasitas pada aki mengalami penuruanan. Selain itu, juga bisa dipicu oleh terminal pengisisan atau sering dikenal dengan ground longgar atau bahkan kekurangan isi. Akibatnya muncul gangguan pada suplai listriknya.

6. Muncul suara “jedug”

Sistem audio mobil yang saat difungsikan atau dimatikan menimbulkan suara “jedug”. Suara ini indikasi adanya kerusakan pada komponen power. Karena pada audio mobil yang baik-baik saja, tidak mengeluarkan suara dentuman saat dimatikan.

Apabila audio mobil anda telah mengalami salah satu dari tanda tersebut atau bahkan lebih maka segeralah untuk memeriksanya atau menserviskannya, supaya kerusakan tidak merembet ke piranti audio mobil lainnya.

Itu dia berbagai tanda kerusakan audio mobil yang bisa memberikan indikasi pada pemilik kendaraan mobil untuk segera memperbaiki atau melakukan servis pada perangkat audionya. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda.

Simak berbagai ulasan audio mobil pilihan lainnya di jogjamobilaudio.com. Jika terdapat kritik dan saran, silahkan berikan di kolom komentar. Jangan lupa untuk ikut membagikan artikel ini.

Leave a Comment