Petunjuk Praktis Memasang Peralatan Audio Mobil

Petunjuk Praktis Memasang Peralatan Audio Mobil

Memiliki mobil pribadi memiliki manfaat yang banyak. Mobil adalah kendaraan yang bisa melindungi ditengah kondisi cuaca ekstrim dan lalu lintas kendaraan yang tidak menentu. Selain itu mobil merupakan alternatif untuk bisa menempuh jarak jauh dalam waktu yang lebih singkat. Dengan begitu, pengendara bisa tiba dalam keadaan enerjik tidak merasa kelelahan karena berkendara jauh dalam waktu yang lama.

Bagi Anda pemilik mobil, Anda bisa menambahkan fitur atau memodifikasi mobil Anda agar lebih aman, nyaman dan menyesuaikan dengan kebutuhan Anda dalam berkendara. Salah satunya dengan menambahkan audio mobil. Memiliki audio mobil memang suatu hal yang bisa mengusir kebosanan dikala macet. Namun memasang peralatan audio mobil tidak semudah memasang headset, ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar membuat aman saat berkendara. Dengan catatan bisa membaca jalur input dan output serta memahami spesifikasi power, dengan begitu instalasi audio mobil tidak salah. Bagaimana informasi selengkapnya, berikut ulasan redaksi bengkel audio mobil Jogja.

Cara Menginstal Peralatan Audio Mobil

Pasalnya setiap power memiliki spesifikasi serta jenisnya masing-masing. Sebagai contoh 2 atau 4 channel amplifiernya mendukung bridge atau tidak. Dilihat juga apakah memiliki kestabilan bermain di impedansi speaker yang berapa ohm. Sebetulnya hal tersulit dalam memasang audio mobil adalah saat harus membongkar dashboard.

Car Audio, sumber ig illegalsoundmafia
Car Audio, sumber ig @illegalsoundmafia

Perhatikan dengan teliti saat hendak membongkar dashboard mobil agar tidak terjadi konslet, kabel putus atau hal lainnya. Berikut cara-cara yang bisa dipraktikan.

1. Instalasi Standard Audio Mobil Dengan 4 Channel Amplifier

Bisa dibilang, cara ini merupakan cara yang standar dipakai bagi para penggemar audio di mobilnya. Instalasi ini hanya memerlukan 2 channel speaker tuiter dan midbass yang ditambah 1 buah subwoofer demi meningkatkan kualitas suara bassnya. Adapun power yang kita gunakan adalah power jenis 4 channel dengan pembagian 2 channel di bridge untuk meningkatkan tendangan subwoofer agar lebih besar sementara 2 lainnya untuk midbass serta tuiter left and right stereo.

2. Instalasi Standard Audio Mobil Dengan 4 Channel Amplifier di Double Subwoofer

Cara ini bisa digunakan apabila ingin menggunakan bass super besar. Penggunaan power amplifier 4 channel digunakan di bridge menjadi 2 output channel yang dipasang semua ke subwoofer. Sementara suara mid dan tinggi dihasilkan lewat head unit yang langsung ke speaker pintu mobil. Tapi bisa juga menggunakan 4 channel power amplifier untuk mendorong speaker midbass baik di depan atau belakang. Sementara subwoofernya bisa ditambahkan power jenis monoblok.

3. Instalasi Audio Mobil 2 Channel Untuk Menangani Subwoofer

Cara instalasi ini bisa dibilang cukup standard karena artinya pengguna merasa sudah cukup puas dengan suara yang langsung dari head unit. Suara ini biasanya sudah terpasang secara default dengan jumlah 4 speaker yang berada di pintu mobil depan dan belakang. Apabila ingin menambah suara bass menjadi lebih keras, cukup menambahkan 1 buah power amplifier dengan 2 channel yang mendukung bridge. Maka 2 output powernya cukup untuk bride mono mendorong si speaker subwoofer.

Peralatan instalasi tersebut kami sedaiakan semuanya beserta peralatan audio mobil lainnya. Tentunya peralatan audio mobil yang kami miliki berkualitas dan yang terpenting adalah murah. Jadi, Anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam demi mendapatkan seperangkat audio yang berkualitas untuk mobil kesayangan Anda. Demikian ulasan mengenai petunjuk praktis memasang peralatan audio mobil. Semoga ulasan ini bisa membantu Anda memaksimalkan fitur audio mobil Anda sehingga memberikan kenyamanan bagi Anda dalam berkendara. Tetap waspada dimanapun Anda berada dan patuhi rambu-rambu lalu lintas. Simak artikel audio mobil lainnya.

Leave a Comment