Inilah Cara Menambahkan Bass Pada Audio Mobil Anda

Inilah Cara Menambahkan Bass Pada Audio Mobil Anda

Memiliki mobil dengan seluruh fasilitasnya tentu menjadi keinginan bagi semua pemilik kendaraan pribadi. Karena mobil juga bisa menjadi sarana untuk bersantai selain manfaat-manfaatnya yang biasa. Salah satu yang bisa dimodifikasi adalah audio mobil. Bagi penikmat musik, audio mobil standar terkadang tidak memuaskan sehingga perlu diberikan tambahan. Salah satunya adalah menambahkan bass pada audio mobil.

Pada saat perjalanan menggunakan mobil, akan terasa lebih nyaman ketika kita juga menikmati indahnya alunan suara pada speaker mobil. Terlebih lagi jika kita menyusuri indah perjalanan bersama pasangan kita. Namun, speaker mobil standard yang kurang memberikan kepuasan. Sehingga perlunya menambahkan suara, misalnya menambahkan suara bass di speaker itu. Oleh karena itu, inilah beberapa cara untuk menambahkan suara bass yang dapat Anda jadikan panduan.

Cara menambahkan Suara Bass

Ilustrasi Modifikasi Bass Pada Audio Mobil, sumber ig turbosound_fabrication
Ilustrasi Modifikasi Bass Pada Audio Mobil, sumber ig @turbosound_fabrication

Setiap orang memiliki selera musik yang berbeda. Biasanya dia menjadikan musik sebagai temannya dimanapun dia berada termasuk pada saat berkendara. Untuk genre musik tertentu, bass yang menggelegar bisa memberikan sensasi tertentu. Tetapi modifikasi audio mobil ini juga terkadang bertujuan untuk kontes audio mobil. Berikut ini beberapa cara menambahkan suara bass pada audio mobil Anda.

1. Menambah Subwoofer Pasif

Subwoofer pasif adalah subwoofer yang sekalian box tapi tanpa amplifier build in (amplifier eksternal). Kelemahannya sendiri adalah cenderung memakan bayak tempat atau ruang. Sedaangkan untuk kelebihannya yaitu, modelnya beragam dan tampilannya menarik dan tak lupa suara yang dihaasilkannya pun berkualitas.

2. Menambah Subwoofer Aktif

Subwoofer aktif merupakan subwoofer yang telah mempunyai power amplifier build in atau dalam pasaran sering dikenal sebagai bass tube. Bass tube sendiri memiliki 2 model, yakni bass tube model kolong dan bass tube model box. Kedua – duanya mempunyai kelemahan serta kelebihan masing – masing.

Pada bass tube model kolong, seringkali dipasang pada kolong jok bagian depan. Hal itu berkaitan dengan menghemat penggunaan kabel ketika instalasi dan agar lebih mudah ketika melakukan pemasangannya. Serta suara bass yang akan dihasilkannya pun lebih besar pada area pengemudi (depan). Untuk kelebihannya yaitu, lebih memudahkan saat penempatan dan tidak terlalu banyak modifikasi pada mobil Anda. Tetapi kelemahannya adalah kemampuan bass terbatas, menghasilkan bass hanya di sekitar perangkat.

Kemudian dalam instalasi bass tube model kolong ini, yaitu dengan cara menyambungkan terminal B+ melalui aki. Lalu terminal rem disambung ke kabel biru rem + dan GND lambang – disambung ke kabel ground mobil (plat body mobil). Pasang kabel RCA dari pre out Head Unit ke in put bass tube. Usahakan tetap detail dan berhati – hati saat memasang kabelnya. Karena sangat rawan untuk terjadi arus pendek atau konsleting listrik.

Sedangkan pada bass tube model box, pada umumya menggunakan model bulat dan kotak. Meskipun terdapat banyak pilihan, antara lain box oval, bulat, kotak, dan lain – lain. Model bass ini biasanya ditempatkan di belakang jok karena cenderung lebih besar. Cara kerjanya sama dengan model kolong, tetapi pada ukuran box dan out power ampli lebih besar. Jika Anda berminat untuk menambahkan bass, maka Anda bisa mendapatkannya di toko – toko online yag dijual secara terpisah.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menambah bass pada audio mobil kesayangan. Harapannya bagi para pembaca dapat memahami mengenai sistem audio. Semoga ulasan ini dapat memberikan manfaat bagi Anda khususnya para pemilik kendaraan mobil pribadi. Simak artikel audio mobil Jogja lainnya di halaman kami.

Leave a Comment